Menag Yaqut Cholil Qoumas melantik 38 Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama, Selasa (18/5/2021)[1]

 

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik 38 Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama. Pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jakarta, Selasa (18/5/2021). 

Hadir sebagai saksi pelantikan, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan  Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. Pelantikan juga dihadiri Pejabat Eselon I, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama. 

Dalam amanahnya, Menag Yaqut Cholil berpesan agar seluruh pejabat dapat menjalankan amanah dengan baik serta tidak bersikap aji mumpung. 

"Jangan sia-siakan amanah dan berlaku sewenang-wenang sehingga  merugikan lembaga. Jangan bersikap aji mumpung, tapi bersikaplah rendah hati dan bertanggung jawab terhadap jabatan yang diemban," pesan Menag Yaqut. 

Rotasi yang dilakukan, menurut Menag adalah bagian dari rutinitas birokrasi untuk mempercepat pencapaian target program organisasi. "Selamat melaksanakan tugas dan segera beradaptasi dengan tempat kerja yang baru. Ini adalah rotasi biasa, tour of duty biasa. Tidak ada yang istimewa,"tuturnya. 

Menag pun meminta seluruh jajarannya untuk melaksanakan tujuh  program prioritas yang telah ditetapkan. "Jalankan tugas dengan baik, dengan amanah dan hanya mengharapkan keridaan Allah. Bukan karena Menteri Agama. InsyaAllah suatu saat kita akan menuai hasilnya," imbuhnya. 

Nama pejabat yang dilantik diantaranya H. Saiful Mujab, MA sebagai Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, yang sebelumnya sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Prof. Dr. H. Moh. Isom  M.Ag menjadi Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Dr. H. A.Umar, M.A sebagai Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama, yang sebelumnya Direktur KSKK Dirjen Pendidikan Islam.[1]

Sebagai catatan bahwa H.Saiful Mujab,MA sukses mengawal moderasi agama di ibukota Indonesia yang beragama agama dan keyakinannya, jarang terdengar konflik antar umat beragama terlebih dimasa pandemik Covid-19, demikian juga membangun kualitas pendidikan di madrasah baik negeri dan swasta di tengah persaingan dengan sekolah sekolah umum.

Demikian pula dengan Dr.H.A,Umar, MA , direktorat KSKK Kementerian Agama penuh dengan kreatifitas dan inovasi pembinaan dan kegiatan dalam membangun dan meningkatkan kualitas peserta didik di Madrasah baik tingkat MI,MTs,MA seperti Syiar anak Negeri, Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan lainnya dengan jargon "Madrasah Hebat Bermartabat berkelas Internasional"  

Sang pencerah mengucapkan "selamat bertugas di tempat yang baru, semoga membawa kemajuan bagi Kementerian Agama R I, dan pelayanan keagamaan bagi masyarakat Indonesia.

Referensi: 
[1]. https://kemenag.go.id/read/menag-lantik-38-pejabat-eselon-ii-kementerian-agama-q9qvy