Survey Utama Programme for International Student Assessment 

(PISA) tahun 2022 di MAN 9 Jakarta Timur


   Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi 40 peserta didik yang berusia 15 tahun dan lembaga Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta Timur dapat mewakili 71 Madrasah (Mts/MA) dari 413 sekolah/madrasah sampling yang dipilih oleh OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development), sebuah organisasi negara negara untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi dalam Survey Utama Programme for International Student Assessment atau yang disingkat PISA yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2022.

Terlibat langsung dalam survey utama PISA di MAN 9 Jakarta Timur adalah Kepala Madrasah  Hj. Rifqiati,M.Pd; waka bidang Akademik H.Salahudin El Fitri,S.Si;waka bidang Humas Hj. Tinia Leyli SA,S.Pi,M.Si; waka bidang Sarpras Hj.Natalia Rumanti,S.Pd,M.Pd;Riher Agus Maulana ST guru sains dan Catur Yoga Meiningdias, S.Kom sebagai proktor serta di supervisi langsung perwakilan Pusmenjar Kemendikbud Ristek Imas Inah Iim, M.Pd.
        OECD adalah kumpulan negara negara maju yang saat ini berjumlah 35 negara Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Oceania, dan Asia.
     PISA diselenggarakan setiap 3 tahun sekali oleh OECD dan kiprah Indonesia sejak tahun 2000,2003,2006,2009,2012,2015,2018 dan 2022 (2021 karena pandemic covid-19 diundur). PISA Tahun 2018 diikuti oleh 77 Negara mulai USA, Inggris sampai negara terbelakang di dunia, dan hasil PISA negara Indonesia selalu berada di 5 Besar dari bawah. Tahun 2018 Indonesia berada di peringkat 72 dari 77 negara peserta PISA.


   penyerahan sertifikat PISA dari perwakilan Pusmenjar Kemendikbud Ristek 
     ibu Imas Indah, M.Pd  kepada Kepala MAN 9 Jakarta Timur ibu Hj. Rifqiati,M.Pd


Apa itu PISA ?

        PISA (Programme for International Student Assessment) merupakan program berkelanjutan yang dapat memberikan pandangan bermanfaat bagi pembuat kebijakan pendidikan dan penerapannya serta membantu pemantauan trend penguasaan ketrampilan dan pengetahuan di berbagai negara dan dalam berbagai sub-kelompok demografi di negara masing masing.
        Melalui hasil tes PISA (Programme for International Student Assessment), para pembuat kebijakan dapat mengukur ketrampilan dan pengetahuan siswa di negara mereka dalam perbandingannya dengan siswa di negara negara lain ; menetapkan target kebijakan dengan sasaran terukur yang telah dicapai di sitim pendidikan lain ; dan belajar dari kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik negara lain yang telah menunjukkan hasil baik. 
        Patokan internasional semacam ini kian relevan karena tiap negara telah menandatangani  Agenda Pendidikan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( Sustainable Development Goals, SDGs), yang disahkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2015, yaitu memastikan setiap anak dan orang muda menguasai sekurang kurangnya tingkat kemahiran dasar dalam membaca, sains dan matematika.
    Indonesia telah ikut serta dalam penilaian PISA sejak tahun 2000. Tren nilai PISA Indonesia menunjukkan masih di bawah skor rata rata International baik untuk literasi membaca, literasi sains dan literasi matematika. Tahun 2022,penilaian PISA lebih focus kepada literasi matematika.
    Semoga siswa MAN 9 Jakarta Timur sebagai bagian peserta penilaian PISA bersama siswa Sekolah/Madrasah se-Indonesia dapat memberikan kontribusi terbaiknya menaikkan peringkat PISA Indonesia tahun 2022 ini, dan sebagai kenangan dalam ingatan para siswa untuk diceritakan pada generasi selanjut.. Bravo Tim PISA MAN 9 Jakarta Timur.
----SEF---