Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi rumah warga terdampak gempa milik Muh.Jazuli di desa Jabung Kecamatan Talun Kab.Blitar Sabtu(22/5/2021). ANTARA Jatim/Ach








Jakarta(23/05/2021) sang pencerah - - - Gempa bumi kembali terjadi di Indonesia tepatnya di wilayah Blitar pada jumat malam pukul 19.09 WIB dengan kekuatan 5,9 skala Richter pada kedalaman 110 km dengan episentrum di laut 57 km tenggara Blitar. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam Lempeng Eurasia," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya.

Indonesia terletak antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia,Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik, apabila terjadi sub konduksi maka muncul gempa bumi tektonik kadang disertai Tsunami bila terjadi di laut dangkal.Indonesia juga dikelilingi oleh daerah cincin api Pasifik yang menyebabkan bencana gunung api meletus kadang disertai oleh gempa vulkanik.
 
Lempeng tektonik Indonesia[2]

 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
Jalur gempa tektonik di dunia[2]

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    



Peta cincin api Fasifik[3]


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Definisi bencana menurut UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana sebagai berikut, Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan menggangu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia,kerusakan lingkungan,kerugian harta benda dan dampak psikologis[1].

Mitigasi Bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana.

Bencana Alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara laian berupa gempa bumi,tsunami,gunung meletus,banjir,kekeringan,angin topan dan tanah longsor.

Bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam yang antara lain berupa gagal teknologi,gagal modernisasi,epidemi, dan wabah penyakit.

Bencana sosial adalah bencanayang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial anar kelompok atau antar komunitas masyarakat, dan terror.[1]
                                                                                                                                                                      
Bagaimana masyarakat Indonesia bersahabat dengan bencana ?
Bersahabat yang dimaksud adalah masyarakat sudah mengantisipasi bahaya yang terjadi pada saat bencana yang disebabkan oleh alam,non alam dan sosial menimpa diri mereka dan lingkungan tempat tinggal mereka

Cara bersahabat dengan bencana perlu dilakukan:

1. Melakukan Mitigasi Bencana yang dipelopori oleh pemerintah melalui BNPB ( Badan Nasional          Penanggulangan Bencana) kepada masayarakat secara terus menerus dan berkala terutama daerah yang diprediksi resiko tinggi gempa bumi tektonik dan gunung api meletus.

2. Mengedukasi masyaraat dengan membangun bangunan tahan gempa bumi, membangun pemukiman dengan radius aman dari gunung berapi, membangun sistim peringatan dini gunung meletus, Tsunami. Ini dapat dilakukan dengan koordinasi lintas lembaga pemerintah seperti Kemendagri, Kemensos, BPBD,PMI,Pemda dan lembaga swadaya masyarakat.

3. Membangun kesadaran sosial masyarakat untuk menambah pengetahuan tentang pencegahan bencana melalui sumber media sosial dan menjadi garda terdepat dalam menanggulangi bencana yang terjadi di lingkungannya sebelum lembaga yang berwenang hadir di tempat kejadia.

Konklusinya adalah  apabila masyarakat tidak membuat kerusakan pada alam, tentunya alam semesta ini akan bersahabat dengan kita.

Sebagaimana diperingatkan oleh Allah SWT dalam Q S: ARRum:41

ظَهَرَ الۡفَسَادُ فِى الۡبَرِّ وَالۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ اَيۡدِى النَّاسِ لِيُذِيۡقَهُمۡ بَعۡضَ الَّذِىۡ عَمِلُوۡا لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُوۡنَ

Artinya: Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagain dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)

Kemudian pada Q.S: AS-Syura ayat 42

اِنَّمَا السَّبِيۡلُ عَلَى الَّذِيۡنَ يَظۡلِمُوۡنَ النَّاسَ وَ يَبۡغُوۡنَ فِى الۡاَرۡضِ بِغَيۡرِ الۡحَقِّ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ اَلِيۡمٌ

Artinya : Sesungguhnya kesalahan hanya ada pada orang-orang yang berbuat zhalim kepada manusia dan melampaui batas di bumi tanpa (mengindahkan) kebenaran. Mereka itu mendapat siksa yang pedih.

Wallahu a’lam bish-shawab 

Referensi:

[1] https://bppps,kemenag.go.id/bahan bacaan/file_materi/91303puP4m1kaEng.pdf 
[2] http://balai3.denpasar.bmkg.go.id/tentang gempa
[3]https://www.dw.com/id/fakta-seputar-cincin-api-pasifik-daerah-rawan-gempa-dan-letusan-gunung-api